Cara Kerja Mesin Kasir

Mempermudah Proses Transaksi Penjualan, Begini Cara Kerja Mesin Kasir

Razluke – Transaksi penjualan di zaman modern kini telah lebih mudah dengan adanya mesin kasir. Dengan memanfaatkan mesin kasir proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien. Secara umum mesin kasir terbagi menjadi dua tipe yaitu mesin kasir scanner dan mesin kasir manual. Secara umum begini cara kerja mesin kasir.

Cara Kerja Mesin Kasir

Cara Menyiapkan Mesin Kasir

Hal utama yang dilakukan mengenai cara kerja mesin kasir adalah sambungkan mesin kasir pada sumber listrik. Selanjutnya pasangkan baterai mesin pada tempat yang sudah tersedia. Baterai berfungsi untuk memberikan memori cadangan apabila terjadi mati listrik.

Langkah selanjutnya adalah memasang kertas tanda terima pembayaran. Masukkan kertas dalam penggulungnya hingga masuk sampai ke bagian depan mesin kasir, agar Anda dapat merobek tanda terima pembayaran untuk diberikan kepada pembeli. Tekan tombol FEED untuk mesin menyedot kertas dan melakukan proses penggulungan.

Nyalakan mesin kasir melalui tombol on/off yang tersedia. Atur program pada mesin kasir Anda mengenai pengaturan tampilan tanggal dan waktu serta pengaturan lainnya. Untuk melakukan pemrograman berbagai fungsi Anda dapat mengikuti instruksi spesifik yang terdapat pada buku panduan mesin kasir.

Cara Melakukan Transaksi Penjualan

Masukkan angka harga produk yang dibeli ke dalam mesin kasir. Secara manual Anda dapat memanfaatkan tombol angka yang tersedia. Dengan menggunakan mesin kasir yang dilengkapi scanner angka harga akan otomatis memasukkan informasi produk ke dalam mesin.

Selanjutnya tekan tombol bagian kategori/departemen yang terkait. Tombol-tombol kategori/department dapat diprogram berdasarkan penjualan yang dikenakan pajak atau tidak. Pelajari buku panduan mesin kasir Anda untuk mengetahui cara melakukan pemrograman tarif pajak pada tombol mesin kasir Anda.

Jika Anda ingin memasukkan produk yang sama lebih dari satu kali, Anda dapat lakukan dengan menekan angka jumlah produk yang dibeli, lalu tekan tombol QTY, masukkan harga satuan produk, kemudian tekan tombol kategori/department. Kemudian tekan tombol subtotal. Tombol ini akan menunjukkan total produk yang dibeli dalam penjualan itu.

Tentukan jenis pembayaran yang akan dilakukan oleh pembeli. untuk pembayaran secara tunai Anda dapat membuka laci uang tunai dengan menekan tombol NO SALE atau NS. Fungsi ini biasanya diproteksi dan hanya dapat dijalankan oleh pihak tertentu seperti manajer.

Manajer perlu menggunakan kunci untuk memindahkan pengaturan mesin ke mode yang berbeda sehingga fungsi NO SALE dapat berjalan. Untuk menghindari risiko buruk segera tutup kembali laci uang tunai setelah transaksi selesai.

Itulah cara kerja mesin kasir bagi Anda yang akan membuka bisnis penjualan tertentu. Kebanyakan proses penjualan di zaman ini tak dapat dipisahkan dengan teknologi mesin kasir. Terdapat beragam merek mesin kasir yang dapat Anda pilih di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *